kembali ke atas

Kamis, 24 Januari 2019

MENGATASI KEMREKI DI KANDANG AYAM



Peternak atau pemelihara ayam pasti sudah mengenal istilah kemreki atau gurem, nama latinnya Ornithonyssus bursa. Kemreki biasa hidup dan berkembang di kandang ayam terutama pada saat ayam mulai mengerami telurnya ( bahasa Jawa angrem ). Disaat ayam mengerami inilah kemreki itu berkembang terutama di sekitar kandang tempat ayam mengerami telurnya. Kedatangannya tidak diketahui tapi perkembangannya sangat cepat. Bila tempat bertelur terbuat dari papan, maka kemreki ini akan menempel di papan dengan jumlah yang sangat banyak dan pasti sangat mengganggu, bagi ayam itu sendiri atau bagi pemilik ayam.

Akibat Perkembangan Kemreki 

Dengan perkembangan kemreki, pasti sangat mengganggu ayam itu sendiri maupun pemilik atau peternak. Ayam yang sedang mengerami akan terganggu dengan adanya binatang kemreki ini, ia akan hinggap juga di tubuh indukan sehingga pada saat mengerami telur bisa mengganggu ketenangan indukan ayam. Selain itu juga mengganggu pemilik ayam karena, dapat merambat dan terbang di badan pemilik ayam. Memang sangat mengganggu, dan kemreki ini juga tidak hanya berada di kandang ayam tapi juga beterbangan sampai masuk ke rumah. Jelas akan sangat mengganggu kenyamanan ayam yang sedang mengerami telurnya.

Cara Mengatasi

Menurut pengalaman saya, banyak cara untuk menghilangkan kemreki, namun yang paling mudah dan murah yaitu dengan kapur barus. Caranya kapur barus di hancurkan sehingga menjadi tepung, langsung ditaburkan di sekitar tempat ayam mengeram, atau disekitar kandang. Tepung kapur barus juga bisa ditaburkan langsung ke tubuh ayam, di sela-sela bulu, sehingga kemreki akan kabur dengan sendirinya. Kemreki hidup bergerombol dan langsung saja ditaburi bubuk kapur barus. Diamkan dan diulang kembali hari berikutnya. Sambil diamati bila masih ada maka ditaburi lagi dengan bubuk atau tepung kapur barus. Juga di tanah atau lantai sekitar kandang bisa ditaburi tepung kapur barus. Amati pada hari berikutnya, pasti kemreki itu akan hilang, dan ayam akan merasa nyaman di tempat mengerami telurnya. Anda bisa mencobanya dengan resep sederhana ini. Ada obat-obat lain yang dijual di toko peternakan, silakan anda bisa memilih untuk dicoba. 

Semoga Barmanfaat !

Sumber gambar :axefo.com

Kata kunci : kemreki





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Redesign by Yulianto | Bloggerized by - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost